Kamis, 25 Desember 2014

Lomba Cipta Menu B2SA di Kabupaten Bintan



     



Badan Pelaksana Penyuluhan dan Ketahanan Pangan Kabupaten Bintan bekerjasama dengan Tim penggerak PKK Kabupaten Bintan mengadakan kegiatan Lomba Cipta Menu B2SA (Beragam, Bergizi,  Seimbang  dan Aman). Kegiatan lomba ini dilaksanakan untuk menggalakan pangan non beras, sehingga untuk ke depannya diharapakan masyarakat tidak lagi bergantung pada pangan yang berbahan dasar beras dan pada tahap berikutnya diharapkan tingkat konsumsi beras bisa di kurangi.

Kegiatan lomba ini dilaksanakan di halaman Gedung Nasional Tanjung Uban Kecamatan Bintan Utara Kabupaten Bintan, Provinsi Kepulauan Riau. Lomba Cipta Menu B2SA ini dilaksanakan pada tanggal 24 Mei 2014. Sementara itu para peserta yang ikut lomba cipta menu ini adalah berasal dari tim PKK kecamatan yang ada di Kabupaten Bintan.  Acara Lomba Cipta Menu ini di buka oleh Bapak Bupati Bintan, Bapak Ansar Ahmad, SE. MM, turut hadir para kepala dinas dan kepala badan di lingkungan pemerintah kabupaten Bintan, serta juga hadir Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Bintan , Ibu Dewi Kumalasari.

Lomba ini mempunyai arti yang sangat penting mewujudkan ketahanan pangan. Penganerekaragaman pangan menjadi salah satu pilar utama dalam mewujudkan ketahanan pangan. Melalui lomba inilah masyarakat diajak untuk mengurangi konsumsi beras dan beralih konsumsi non beras dan non terigu, mengolahnya menjadi makanan khas daerah.

 Selama ini masyarakat  masih mengandalkan bahan pangan dari beras. Sementara itu lahan pertanian atau sawah yang produktif semakin hari semakin berkurang, beralih fungsi menjadi bangunan dan gedung. Kalau ini dibiarkan akan lama kelamaan berdampak, berkurangnya produksi pangan beras. Masyarakat dihimbau memanfaatkan pekarangan untuk bisa menghasilkan bahan pangan.    Seperti ubi, sagu dan jagung dengan melakukan inovasi dalam pengolahannya sehingga menjadi makanan yang menarik, bergizi dan berkualitas.

Lomba ini sasarannya kaum ibu-ibu, gunanya memotivasi ibu-ibu tersebut, melahirkan kreativitas dan keterampilan mengolah dan menyajikan makanan yang berbahan non beras dan non terigu. Memanfaatkan bahan pangan yang berasal dari ubi-ubian, jagung dan sagu, mengolahnya menjadi makanan khas daerah. (Oleh : Syahrinaldi,  BPPKP Kabupaten Bintan, Provinsi Kepulauan Riau.)
     







 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar