Selasa, 25 Juni 2019

Syarat Tumbuh Buah Manggis



Manggis (Garcinia mangostana L.) merupakan salah satu komoditas buah tropis primadona ekspor Indonesia.  Ini menghantarkan manggis menjadi buah-buahan andalan ekspor Indonesia, apalagi komoditas ini merupakan unik dan spesifik daerah tropis, sehingga pesaingnya tidak banyak.

Manfaat buah manggis umumnya disajikan dalam bentuk segar atau olahan, misalnya jus. Di Amerika, produk manggis terlezat dibandrol dengan harga yang relalif mahal. Manggis mengandung miloksidan, seperti xanthone, sehingga banyak dijual sebagai suplemen kesehatan dalam bentuk pil (tablet).

Secara tradisional, buah manggis merupakan obat sariawan, wasir, dan luka. Kulit buah manggis dapat dimanfaatkan sebagai pewarna untuk tekstil, sedangkan air rebusannya dimanfaatkan sebagai obat tradisional karena bersifat antibiotik. Kulit buah manggis mengandung zat kimia yang jika dioleskan di tangkai mayang kelapa (manggar) dapat merangsang cairan nira lebih banyak. Batang pohon manggis juga dapat dimanfaatkan sebagai bahan bangunan, kayu bakar, dan kerajinan.

Pengembangan kawasan laboratorium manggis ini bertujuan untuk :
1. Meningkatkan volume ekspor manggis,
2. Meningkatkan mutu dan daya saing manggis dan

Berkaitan dengan pengembangan tanaman manggis ini, ternyata beberapa daerah banyak yang dapat memenuhi kriteria sebagai daerah pengembangan tanaman buah manggis sesuai persyaratkan tumbuhnya manggis.

Syarat tumbuh manggis, sebagai berikut :
1. Manggis dapat tumbuh dari dataran rendah hingga ketinggian 800 m dpl dengan tipe iklim basah.
2. Curah hujan yang dibutuhkan berkisar 1.500-2.300 mm/tahun
3. Penyinaran matahari 40-70%.
4. Suhu udara yang ideal untuk pertumbuhan manggis rata-rata 20-30° C.
5. Tanah yang diperlukan oleh manggis adalah tanah subur, gembur, banyak mengandung bahan organik (humus), drainasenya baik, dan pH tanah 5-7.
6. Manggis termasuk tanaman yang toleran terhadap pH rendah.
7. Daerah yang cocok untuk pembungaan tanaman manggis adalah daerah yang tidak mempunyai bulan kering,
8. Air tanah yang sangat dangkal hingga sangat dalam masih dapat digunakan untuk menanam manggis.  (Oleh : Syahrinaldi, DKPP Kab. Bintan, Kepulauan Riau). Sumber : cybex pertanian.go.id 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar