Sabtu, 13 Juli 2019

Nematoda Parasit Pada Tanaman Lada




Serangan  nematoda pada tanaman lada di indonesia sudah diperoleh sejak tahun 1950 (van der vecht 1953). Beberapa spesies nematoda parasit telah ditemukan pada pertanama lada di indonesia seperti di bangka, lampung dan jawa barat, kalimantan barat. Nematoda yang banyak ditemukan diantaranya; adalah R. Similis, meloidogyne incognita., M. Javanica, M. arenaria, P. Coffeae, macrophostonia artana. Xiphinema insingne, X australiae, tylenchus, sp,.dan dorylainchus (bridge 1978;mustika 1990).

 Di antara nematoda parasit tersebut, R. Simlis dan M. incognita adalah yang paling merusakan dan merupakan menyebabkan utma penyakit kuning pada tanaman lada di Bangka (van der vecht 1953; bergi 1978; mustik 1990) dan kalimatan barat kerusakan akibat serangan nematoda pada lada mencapai 32% . saat ini, komponen tekologi pengendalian nematoda pada tanaman sudah diperoleh dan disosialisasikan ke petani. Komponen teknologi tersebut di antaranya adalah teknik budi daya, pemamfaatan agens hayanti, pestisida nabati, pestisida kimia, pengendalian dengan teknologi budi daya dilakukan dengan cara sanitasi atau menjaga kebersihan kebun membongkar tanaman sakit, tidak menanam tanaman inang R. Similis dan M. incognita, penggunaan mulsa ilalang atau serasah daun, serta menanam varietas tahan atau toleran nematoda seperti petaling I , lampung daun lebar (LDL) , kuching dan belangka (Hamid el al. 1989 mustika 1990).

Beberapa musuh alami dan pestisida nabati sangat pontensi untuk menggunakan dalam mengendalikan nematoda pada tanaman lada. Musuh alami tersebut adalah bakteri pasteuri panetrans, jamur Arthrobotrnys, Dactyaria dan Dactylla (mustika 1998; harni et al 2000; mustika et al. 2003 ), sebagai pestisida nabati dan bahan organik dapat digunakan tepung biji mimba atau bungil jarak ( mustika et al 200).

Pada prinsifnya dalam upaya menghindari serangan nematoda parasit pada tanaman lada dapat dilakukan oleh petani lada dengan beberapa cara yaitu ; pertama diupayakan lingkungan dan kebun atau tanaaman lada bersih dari gulma dan untuk mendapatkan lingkungan dan tanaman lada bersih dari gulma harus dilakukan pembersihan kebun atau ladang dan lingkungan jika bisa 2 minggu sekali supaya tetap kebun atau ladang bersih.

 Kedua harus dikontrol tanaman lada yang ada dikebun atau diladang, jika terdapat tanaman lada yang sakit maka segera membongkar tanama tersebut dan menyisipnya atau mengganti dengan tanaman yang sehat. Ketiga jika terpaksa menggunakan pestisida untuk membasmi musuh alami maka gunakan pestisida alami atau pestisida nabati yang lebih aman untuk lingkungn dan harganya lebih terjangkau para petani lada.Jika menggunakan pestisida nabati maka beberapa keuntungan oleh petani lada dapat diperoleh karena bahan nabati dapat diperoleh dari lingkungan sekitar kebun yang ada dan dapat menampung tenaga kerja yang ada disekitar lingkungan kebun.

Ke empat gunakan varietas lada yang tahan terhadap nematoda seperti varietas petaling 1, varietas lampung daun lebar,varietas kuching dan varietas bangka,. Jadi sebelum menanam lada maka harus dipersiapkan dulu varietas yang tahan terhadap nematoda parasit sehingga pada waktu pemeliharaan tanam sudah tidak mengalami kendala yang membuat para petani lebih tenang dalam memelihara tanam lada yang dikelolanya. Jika proses persiapan penanaman lada benar-benar diperhatikan sesuai anjuran yang ditetapkan maka para petani lada tidak akan mengalami kesulitan dalam mengatasi nematoda parasit dalam kegiatan usaha tani tanaman ladanya. Apalagi para petani disekitar lingkungannya bersatu dan bersama-sama menjaga kebersihan lingkungan. (Oleh : Syahrinaldi, DKPP Kab. Bintan, Kepulauan Riau) Sumber : cybex pertanian .go.id 

1 komentar:

  1. numpang promote ya min ^^

    bosan tidak tahu harus mengerjakan apa ^^
    daripada begong saja, ayo segera bergabung dengan kami di
    F*A*N*S*P*O*K*E*R cara bermainnya gampang kok hanya dengan minimal deposit 10.000
    ayo tunggu apa lagi buruan daftar di agen kami ^^
    || WA : +855964283802 || LINE : +855964283802 ||

    BalasHapus