Minggu, 07 Juli 2019

Pemilihan Metode Aplikasi Irigasi





Pemilihan metoda aplikasi irigasi sangat menentukan keberhasilan pengelolaan irigasi, sehingga faktor- faktor yang mempengaruhi metoda aplikasi irigasi sangat penting untuk diketahui. Dalam memilih cara/ sistim aplikasi irigasi untuk agar efektif dan efisien perlu mempertimbangkan beberapa faktor sebagai berikut:

a.Kondisi alam; Kondisi alam seperti jenis tanah, kemiringan, iklim, kwalitas dan ketersediaan air sangat berpengaruh terhadap metoda irigasi yang dipilih.Jenis tanah / tekstur tanah; Tanah pasiran yang mempunyai kapastas menahan air (water holding capacity) rendah dan laju infiltrasi tinggi. Oleh karena itu perlu pemberian air yang sering tetapi jumlah pemberian air yang sedikit .

Pada kondisi demikian, irigasi sprinkler ataupun tetes lebih cocok dari pada irigasi permukaan. Sebaliknya pada tanah geluhan ataupun lempungan semua metoda diatas dapat digunakan tetapi irigasi permukaan lebih umum digunakan. Pada tanah lempungan laju infiltrasinya rendah lebih cocok menggunakan irigasi permukaan. Bila dalam suatu daerah irigasi ditemukan berbagai jenis tanah (tekstur tanah), untuk menjamin distribusi air yang lebih merata, sebaiknya menggunakan metoda irigasi tetes ataupun sprinkler.

b. Kemiringan, Pada lahan yang miring umumnya lebih cocok diairi dengan metoda irigasi tetes ataupun sprinkler, karena lahannya tidak perlu diadakan perataan/bila ada sedikit sekali.
c. Iklim, Di daerah yang kecepatan anginnya tinggi, lebih cocok dengan menggunakan metode irigasi tetes maupun irigasi permukaan.
d. Ketersediaan air; Bila ketersediaan air terbatas, menggunakan metoda irigasi sprinkler maupun tetes yang umumnya efisiennya lebih tinggi, lebih cocokdaripada menggunakan metoda irigasi permukaan.

e. Kualitas air; Bila air irigasi banyak mengandung sedimen irigasi permukaan lebih cocok digunakan, karena sedimen dapat menyumbat jaringan irigasi sprinkler maupun tetes. Bila air irigasi banyak mengandung garam terlarut, irigasi tetes lebih cocok karena air yang diberikan kedalam tanah lebih sedikit bila dibandingkan dengan irigasi permukaan. Untuk melindikan (leaching) garam garam dalam tanah irigasi sprinkler lebih efisien daripada irigasi permukaan.

f.Jenis tanaman; Irigasi permukaan dapat digunakan untuk semua jenis tanaman. Irigasi sprinkler dan tetes, karena perlu biaya investasi dan operasi/pemeliharaan yang besar hanya cocok untuk mengairi tanaman yang bernilai ekonomis tinggi. Sedangkan irigasi tetes hanya cocok untuk mengairi tanaman yang ditanam secara individual atau larikan, oleh karena itu tidak cocok untuk mengairi tanaman yang tumbuhnya rapat.

g. Jenis teknologi; Jenis tehnologi yang digunakan untuk irigasi tetes dan sprinkler lebih canggih dari irigasi permukaan, oleh karena itu dalam penggunaannya harus disesuaikan dengan dana dan kemampuan sumber daya manusia yang ada.

h. Kebiasaan/ pengalaman petani; Metoda irigasi yang dipilih juga sangat ditentukan oleh kebiasaan/pengalaman petani setempat. Kadang kadang merubah metoda irigasi secara total akan menimbulkan kesulitan/tidak bisa diterima oleh petani. Tetapi bila hanya meningkatkan kwalitas metoda yang telah ada akan lebih mudah diterima oleh petani.

i. Tenaga; Pada irigasi permukaan umumnya memerlukan tenaga yang lebih banyak dari pada irigasi sprinkler ataupun tetes, terutama untuk konstruksi, operasi dan pemeliharaan.

j. Analisa ekonomi; Metoda yang akan dipilih sangat tergantung dari hasil analisa ekonomi ini yang paling menguntungkan. Analisa biaya ini tentu saja termasuk biaya awal, operasi dan pemeliharaannya.  Menurut Keller, J (1991) khususnya untuk pemilihan sistim irigasi modern, hal hal yang perlu dipertimbangkan antara lain: kesesuaian secara fisik, biaya, efisiensi, potensi hasil dan keuntungan, kesesuaian/ dapat diadaptasikannya untuk pemilikan lahan yang sempit, pengorganisasian, kelestarian, resiko, usaha dalam pengelolaan dan kompleksitasnya, serta fleksibitas tata letaknya. (Oleh : Syahrinaldi, DKPP Kab. Bintan, Kepulauan Riau) Sumber : cybex pertanian.go.id 

1 komentar:

  1. numpang promote ya min ^^

    bosan tidak tahu harus mengerjakan apa ^^
    daripada begong saja, ayo segera bergabung dengan kami di
    F*A*N*S*P*O*K*E*R cara bermainnya gampang kok hanya dengan minimal deposit 10.000
    ayo tunggu apa lagi buruan daftar di agen kami ^^
    || WA : +855964283802 || LINE : +855964283802 ||

    BalasHapus